Cara Mudah Mengatasi Error Mixed Content Setelah Mengaktifkan SSL atau HTTPS Blogspot -->
>> Streaming ANIME Sub Indonesia Terbaru Nonton Online Gratis - TioNime <<

Cara Mudah Mengatasi Error Mixed Content Setelah Mengaktifkan SSL atau HTTPS Blogspot

Cipunk Be Good
Saturday, March 24, 2018

Para Blogger wajib berbahagia karena kini layanan SSL atau HTTPS sudah bisa terapkan pada blog yang telah menggunakan custom domain. Tidak seperti sebelumnya dimana layanan tersebut hanya tersedia untuk blog yang masih menggunakan domain bawaan Blogger saja ( .blogspot.com/co.id).

Google sendiri dengan gencar menghimbau kepada para blogger agar sebisa mungkin untuk mengaktifkan SSL atau HTTPS di website mereka. Bukan tanpa alasan, dengan mengaktifkan SSL selain meningkatkan keamanan website kita, layanan tersebut juga terbukti dapat mendongkrak peringkat SOE blog kita di mesin pencari. Jadi rugi rasanya jika blog kita tidak mengaktifkan fitur ini.

Namun ada satu permasalahan yang dialami oleh kebanyakan blogger termasuk saya sendiri setelah mengaktifkan fitur HTTPS ini, dimana muncul Error/warning/peringatan pada browser berupa icon gembok dengan segitiga kuning pada browser Firefox atau icon gembok yang di silang pada browser Chrome. 
Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Error Mixed Content Setelah Mengktifkan SSL atau HTTPS Blogspot
Hal tersebut menandakan bahwa koneksi didalam blog kita dianggap belum sepenuhnya aman meskipun SSL telah diaktifkan. Hal ini diakibatkan karena adanya Error Mixed Content atau pencampuran url HTTP dan HTTPS di dalam template blog.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnnya cukup sepele, kita hanya perlu merubah semua URL dengan awalan http:// menjadi https:// yang ada di dalam template. Namun mengingat banyaknya kode-kode yang ada didalam template mengubah secara satu per satu tentu akan sangat memakan waktu dan membutuhkan ketelitian tinggi.

Nah, kali ini saya akan memberitahukan Anda cara mudah dan cepat untuk merubah semua url HTTP ke HTTPS yang ada di dalam template blog untuk mengatasi masalah error mixed content atau munculnya peringatan setelah pengaktifan SSL atau HTTPS pada blogspot. Oke, langsung saja.

Cara Pertama :
- Masuk ke draft Blogger anda buka Edit HTML (Tema > Edit HTML). Lalu klik sembarang pada kode, selanjutnya buka tool Replace All dengan menekan Ctrl+Shift+R. Pada kolom pencarian ketikan  Http://  kemudian tekan Enter.
Cara Mudah dan cepat  mengganti semua http ke HTTPS di dalam template blog

- Selanjut ketikan lagi di kolom pencarian kode berikut  //   lalu tekan Enter lagi.
cara mengatasi Error Setelah memasang Mengktifkan SSL atau HTTPS Blogspot
- Terakhir, Simpan Template.

Cara Kedua :
Selain cara pertama di atas ada juga cara lain untuk mengganti semua url http ke https dengan mudah dan cepat yaitu menggunakan sebuah kode yang akan me-redirect atau mengalihkan semua http ke https yang ada di dalam tamplate. 
<script type='text/javascript'>
function check_secure() {
var secssl = /^https/i;
var blog = document.location.hostname;
var slug = document.location.pathname;
var subs = window.location.search;
if (!window.location.origin.match(secssl)) {
window.location = "https://" + blog + slug + subs;
}
}
check_secure();
</script>
Caranya cukup dengan mengcopy kode diatas kemudian taruh kode tersebut di atas kode  </head> . Lalu Simpan template.


Jika proses yang Anda lakukan sudah selesai sekarang coba buka blog Anda. Jika pemasangan sudah benar seharusnya ikon gembok akan berubah menjadi hijau yang menandakan bahwa https di blog Anda sudah terpasang sempurna.

cara mengatasi error mixed content blog dengan mudah dan cepat

Itulah dua cara mudah dan cepat untuk mengganti semua http ke https yang di template blog untuk mengatasi masalah error mixed content setelah pengaktifan atau pemasangan ssl/https di blogspot.

Anda bisa menggunakan cara pertama ataupun kedua. Saya sendiri lebih merekomendasikan menggunakan cara yang pertama.

Jika Anda masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan langsung saja Anda melalui komentar dibawah. Sekian, Semoga bermanfaat.