Cara Membuat dan Memasang Widget Recent Post Keren Blogger -->
>> Streaming ANIME Sub Indonesia Terbaru Nonton Online Gratis - TioNime <<

Cara Membuat dan Memasang Widget Recent Post Keren Blogger

Cipunk Be Good
Thursday, January 25, 2018

Cara Membuat dan Memasang Widget Recent Post Keren Blogger
Cara Membuat Atau Menambahkan Widget Postingan Terbaru/Recent Post Keren di Blog -  Widget Artikel Terbaru atau yang biasa disebut Recent Post merupakan salah satu widget yang memiliki peranan yang sangat penting keberadaanya untuk sebuah blog/website. Widget ini berfungsi untuk menampilkan menampilkan postingan terbaru atau artikel-artikel terakhir yang ada di blog kita, sehingga pengunjung dengan mudah mengetahui dan tidak melewatkan artikel terbaru kita.

Untuk penempatan widget recent post sendiri biasanya di letakan di sidebar, karena lokasi tersebut memang menjadi lokasi yang paling strategis untuk meletakan widget post terbaru karena memiliki kemungkinan keterlihatan yang tinggi sehingga penggunaan widget ini akan lebih optimal.



Oke, langsung saja untuk cara membuat atau memasang widget Recent Posts atau Postingan terbaru yang keren di blog dengan mudah. (Untuk penampakan widget recent post nya sendiri bisa kamu lihat seperti pada gambar postingan di atas.)
1. Pertama seperti biasa, masuk ke dasboard Blogger kamu kemudian buka Tata Letak/Layout. Kemudian tambahkan Gadget/Widget Baru di sidebar,pilih HTML/Javascript.

2. Selanjutnya Copy lalu Pastekan Kode widget recent post di bawah ini kedalam widget yang baru kamu buat tadi.


<div class="recentpoststyle"><script type="text/javascript">function showlatestposts(e){for(var t=0;t<posts_no;t++){var r,s=e.feed.entry[t],n=s.title.$t;if(t==e.feed.entry.length)break;for(var a=0;a<s.link.length;a++)if("alternate"==s.link[a].rel){r=s.link[a].href;break}n=n.link(r);var i="... read more";i=i.link(r);var l=s.published.$t,o=l.substring(0,4),u=l.substring(5,7),c=l.substring(8,10),m=new Array;if(m[1]="Jan",m[2]="Feb",m[3]="Mar",m[4]="Apr",m[5]="May",m[6]="Jun",m[7]="Jul",m[8]="Aug",m[9]="Sep",m[10]="Oct",m[11]="Nov",m[12]="Dec","content"in s)var d=s.content.$t;else if("summary"in s)var d=s.summary.$t;else var d="";var v=/<S[^>]*>/g;if(d=d.replace(v,""),document.write('<li class="recent-post-title">'),document.write(n),document.write('</li><div class="recent-post-summ">'),1==post_summary)if(d.length<summary_chars)document.write(d);else{d=d.substring(0,summary_chars);var f=d.lastIndexOf(" ");d=d.substring(0,f),document.write(d+" "+i)}document.write("</div>"),1==posts_date&&document.write('<div class="post-date">'+m[parseInt(u,10)]+" "+c+" "+o+"</div>")}}</script><script type="text/javascript">var posts_no = 6;var posts_date = true;var post_summary = True;var summary_chars = 80;</script><script src="/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showlatestposts"></script><noscript>Your browser does not support JavaScript!</noscript><style type="text/css">.recentpoststyle {counter-reset: countposts;list-style-type: none;}.recentpoststyle a {text-decoration: none;color: #49A8D1;}.recentpoststyle a:hover {color: #000;}.recentpoststyle li:before {content: counter(countposts,decimal);counter-increment: countposts;float: left;z-index: 1;position:relative;font-size: 15px;font-weight: bold;color:#fff;background:#69B7E2; margin:13px 5px 0px -6px;line-height:30px;width:30px;height:30px;text-align:center;-webkit-border-radius:50%;-moz-border-radius:50%;border-radius:50%;}li.recent-post-title{margin-bottom: 5px;padding: 0;}.recent-post-title a {color: #444;text-decoration: none;font: bold 13px "Avant Garde",Avantgarde,"Century Gothic",CenturyGothic,AppleGothic,sans-serif;}.post-date {font-size: 11px;color: #999;margin:5px 0px 15px 32px;}.recent-post-summ {border-left:1px solid #69B7E2; color: #777; padding: 0px 5px 0px 20px; margin-left: 10px; font: 15px Garamond,Baskerville,"Baskerville Old Face","Hoefler Text","Times New Roman",serif;}</style></div>


cara menambahkan widget postingan terbaru keren di blog

3. Terakhir Simpan / Save.

Pada kode widget postingan terbaru di atas terdapat kode yang saya beri warna MERAH
Keterangan :
  • post_no = 6 Merupakan jumlah postingan yang akan di tampilkan di dalam widget, rubahlah angka 6 jika kamu ingin menambah atau mengurangi.
  • post_date = True Merupakan setingan untuk menampilkan tanggal post, rubah True menjadi False jika ingin menyembunyikan tanggal postingan.
  • post_summary = True Merupakan setingan untuk menampilkan Snippet atau Diskripsi singkat postingan, rubah True menjadi False jika kamu ingin menyembunyikan Snippet sehingga yang akan tampil hanya Judul Post.
  • summary_chars = 80 Merupakan setingan untuk mengatur jumlah karakter yang tampil pada snippet/diskripsi singkat postingan(spasi dihitung), rubah angka 80 untuk menambah atau mengurangi jumlah karakter dan abaikan setingan ini jika post_summary di matikan atau di seting False.
Baca Juga : Cara Membuat Widget Komentar Terbaru/Recent Comment Keren Di Blog

Nah, itulah sekiranya langkah atau cara membuat dan menambakan widget recent post atau widget postingan terbaru keren di blogger dengan mudah. Jika kamu menemui kendala atau ada sesuatu yang ingin di tanyakan langsung saja tanyakan melalui komentar di bawah ya.

Sekian, Semoga bermanfaat..