9 Mahluk/Binatang Mitologi Paling Terkenal Di Dunia -->
>> Streaming ANIME Sub Indonesia Terbaru Nonton Online Gratis - TioNime <<

9 Mahluk/Binatang Mitologi Paling Terkenal Di Dunia

Cipunk Be Good
Wednesday, January 17, 2018

9 Hewan/Makhluk Mitologi Paling Terkenal Di Dunia - Di dunia ini ada banyak sekali hal-hal maupun kisah-kisah mitos/mitologi yang berkembang di masyarakat.  Meskipun tak pernah ada yang tau dari mana kisah-kisah itu berasal maupun tentang kebenaranya, namun tetap saja masih banyak orang yang mempercayai akan hal-hal tersebut.

Seperti pada postingan kali ini Mas Cipunk akan membahas tentang 9 Binatang Mitologi Yang Paling Terkenal Di Dunia yang hingga kini masih menjadi misteri dan menjadi pertanyaan mengenai  makhluk-makhluk tersebut. Yuk langsung saja simak ulasanya kemudian berikan pendapatmu.

1. Cerberus
9 binatang mitologi paling terkenal di dunia
Menurut legenda Cerberus adalah seekor anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades. Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna. Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.

2. Pegasus

Pegasus di gambarkan sebagai seekor kuda namun berbeda dengan kuda pada umumnya karena Pegasus memiliki 2 sayap lebar di punggungnya yang hampir menyerupai sayap burung.

Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah Medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera.

Dijinakkan oleh Bellerophon dan melayaninya di gunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Di sinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

3. Phoenix
hewan mitologi paling terkenal di dunia
Salah satu binatang mitologi paling terkenal di dunia adalah Phoenix atau Feniks, dalam mitologi Mesir merupakan sejenis burung api legendaris yang keramat. Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan.  

Konon Phoenix tadinya adalah burung yang telah mati oleh api dan kemudian dilahirkan kembali dari api. Menurut legenda Phoenix dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun, air mata Phoenix juga dipercaya bisa menyembuhkan luka.

4. Buraq

mahluk mitologi paling terkenal di dunia
Buraq adalah salah satu mahluk mitologi yang berasal dari bangsa Arab. Buraq dipercaya membawa nabi Muhammad SAW hijrah dari masjidil haram ke masjidil aqsa kemudian terbang ke langit ke 7 untuk menerima wahyu kitab suci Al-Quran hanya dalam semalam. peristiwa ini dinamakan Isra Mi’raj.

Buraq merupakan seekor binatang yang rupanya seperti kuda. ukurannya sedikit lebih kecil daripada kuda tapi lebih besar dari keledai. lariannya secepat kilat. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah kebiasaan buraq. di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua pahanya yang membantu kecepatan lompatannya.

5. Dragon/Naga
mahluk mitologi yang paling terkenal di dunia
Kamu pasti sudah tak asing dengan mahluk mitologi yang satu ini, Merupakan binatang mitologi yang paling sering kita temui baik di gambar maupun di film-film.

Naga atau Dragon(Barat), Liong(Tiongkok), Draken(Skandinavia) Merupakan sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap yang memilik beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api.

Di dunia Barat naga di gambarkan sebagai sosok monster yang cenderung perusak dan bersekutu dengan kekuatan gelap. Sedangkan dalam legenda Tiongkok Naga d gambarkan sebagai sosok yang bijaksana dan agung layaknya dewa.


6. Chimera/Khimaira
binatang mitologi paling populer di dunia


Chimera atau Khimaira adalah mahluk mitologi yang berasal dari Yunani. Chimera di gambarkan sebagai sosok binatang yang merupakan gabungan dari tiga hewan sekaligus, yaitu : ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor ular, dan berkepala singa, namun beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan (kambing dan singa), atau gabungan dari ketiga hewan tersebut. Khimaira mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Kadang-kadang Khimaira menjadi lambang kekuatan setan.

Menurut mitologi, Khimaira merupakan puteri dari Tifon dan Ekhidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing Kerberos dan Hidra dari danau Lernai. Khimaira berhasil dikalahkan oleh Bellerofon sambil menunggangi Pegasus (kuda bersayap), atas perintah Raja Iobates dari Likia. Ia mengalahkan Khimaira dengan lembing dan memenggal kepala makhluk itu.

7. Kirin/Qilin
mahluk mitologi paling china
Kirin atau Qilin merupakan mahluk setengah naga setengah kuda, pada awalnya berasal dari mitologi China namun tersebar ke seluruh asia timur. Hewan nyata yang dianggap ‘mendekati’ kirin adalah jerapah, konon jerapah pernah dianggap sebagai Kirin.

Dalam mitologi China, kirin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, namun kirin bisa menjadi hewan yang buas dan mengerikan saat terancam. Konon kirin hanya muncul di tempat-tempat yang dikuasai oleh penguasa yang baik dan bijaksana.

8. Kraken
mahluk mitos paling terkenal
Menurut legenda Kraken merupakan seekor monster yang digambarkan sebagai makhluk raksasa menyerupai gurita yang berdiam di lautan wilayah Islandia dan Norwegia. Makhluk ini disebut sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungnya dengan tentakel raksasanya dan menariknya ke bawah.

Kata Kraken sendiri berasal dari Kata “Krake” dari bahasa Skandinavia yang artinya merujuk kepada hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini masih digunakan di dalam bahasa jerman modern untuk merujuk kepada Gurita. Jika kamu pernah menonton film "Pirates of The Caribbean 2", sosok gurita ini muncul menghancurkan kapal-kapal laut.

9. Kappa
mahluk mitos paling terkenal
Kappa merupakan sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita rakyat Jepang. Namun, mereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama Shinto, mereka dianggap sebagai salah satu suijin atau dewa air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang.

Kappa biasanya minum darah, tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa suka mentimun, dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji.

Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.


Nah itulah 9 makhluk mitologi yang paling terkenal di dunia. Bagaimana menurutmu, apakah kamu percaya dengan legenda makhluk-makluk tersebut? Sekian, semoga bermanfaat..