Cara Membuat dan Memasang Widget Rating Pada Postingan Blogger -->
>> Streaming ANIME Sub Indonesia Terbaru Nonton Online Gratis - TioNime <<

Cara Membuat dan Memasang Widget Rating Pada Postingan Blogger

Cipunk Be Good
Tuesday, April 10, 2018

Cara Memasang Widget Rating Bintang Pada Postingan Blogger - Sebagai seorang blogger tentunya kita harus terus menjaga dan meningkatkan kualitas konten atau postingan yang ada di blog kita. Menyajikan konten yang berkualitas sangatlah penting, selain  memberikan kepuasan terhadap pengujung juga dapat meningkatkan rangking blog kita di mata mesin pencari google. Alhasil trafik pengunjung blog kita akan terus meningkat dan posisi halaman blog kita akan tetap berada di posisi atas SERP.

Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas artikel atau postingan blog kita tentu saja kita membutuhkan masukan dari pengunjung karena yang dapat menilai kualitas konten blog kita adalah pengunjung bukan diri sendiri. Untuk itulah kita membutuhkan sebuah tool/widget yang dapat memudahkan pengunjung untuk memberikan penilaian atau feedback terhadap kualitas postingan blog kita.
`

Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat dan memasang widget rating bintang yang nantinya dapat digunakan untuk memudahkan pengunjung untuk memberikan penilaian atau rating pada artikel blog kita. Untuk penampakan widget rating yang akan kita buat adalah seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Membuat dan Memasang Widget Rating Bintang di dalam Postingan Blogger

Tidak hanya sebagai sebagai rate tool, widget ini juga dapat berfungsi sebagai view counter dan juga terdapat tombol share sehingga akan memudahkan jika ada pengujung yang ingin membagikan artikel kita ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan lainya.

Oke langsung saja untuk cara membuat dan memasang widget rating bintang di dalam artikel / postingan blogspot :

- Pertama masuk dashboard blogger kamu lalu buka HTML Editor (Theme >> Edit HTML). Selanjutnya cari kode  </head>  lalu Copy dan letakan kode di bawah ini di atas kode  </head>   tersebut.
<link type="text/css" rel="stylesheet" href="http://static.graddit.com/css/graddit.css"/>

-  Selanjutnya cari kode berikut : <data:post.body/>   Untuk memudahkan pencarian kamu bisa memanfaatkan tool pencari (tekan: Ctrl+F). Setelah kamu menemukan kode tersebut, selanjutnya Copy dan letakan kode berikut diatas atau dibawah kode <data:post.body/> .
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<div expr:id='"labels_" + data:post.id' style='display: none; visibility: hidden;'>
<b:if cond='data:post.labels'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<data:label.name/>,</b:loop></b:if></div>Rate this posting: <div class="ffbs_rating_wrapper">
<div expr:id='data:post.id' class='ffbs_rate ffbs_rate_border ffbs_centered' data-label-rating='icon' data-label-views='icon' data-label-votes='icon'>{[[&#39;&lt;img src=&quot;http://static.graddit.com/img/star_blue.png&quot;/&gt;&#39;]]}</div>
<div expr:id='&quot;ffbs_stats_&quot; + data:post.id' class='ffbs_stats ffbs_centered'></div>
<div expr:id='&quot;ffbs_share_&quot; + data:post.id' class='ffbs_share ffbs_share_border ffbs_centered'></div></div>
<script type='text/javascript' expr:src='&quot;http://www.graddit.com/rate/eng/5/&quot; + data:post.id + &quot;?id=&quot; + data:post.id + &quot;&amp;stats=ffbs_stats_&quot; + data:post.id + &quot;&amp;labels=labels_&quot; + data:post.id + &quot;&amp;info=info-&quot; + data:post.id + &quot;&amp;info_delay=2&amp;url=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;class_star=ffbs_star_img&amp;class_star_set=ffbs_star_img_set&amp;class_star_vote=ffbs_star_img_vote&amp;views=yes&amp;votes=yes&amp;average=yes&amp;share=ffbs_share_&quot; + data:post.id + &quot;&quot;'></script></b:if>

Nb :

  • Letakan kode tersebut diatas kode <data:post.body/> jika kamu ingin menampilan widget rating dibawah judul artikel.
  • Letakan kode tersebut dibawah kode <data:post.body/>  jika kamu ingin menampilkan widget rating di bawah/akhir artikel.
  • Jika kamu menemukan lebih dari 1 kode <data:post.body/> , pilih kode yang paling akhir. Atau jika masih belum tampil kamu bisa mencoba memasang di tiap-tiap kode satu persatu sampai widget tampil.
- Terakhir Save atau simpan template.

Sekarang coba lihat hasilnya dengan membuka halaman blog kamu. Jika langkah-langkah yang kamu lakukan sudah sesuai seharusnya widget rating akan muncul.

Kurang lebihnya seperti itulah cara membuat dan memasang widget rating bintang pada postingan / artikel blogger. Jika ada yang masih kurang jelas atau ingin di tanyakan langsung saja kamu tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat, Terima Kasih.